Andalan

Standar Biaya Keluaran Tahun Anggaran 2021

Dowload Standar Biaya Keluaran 2021

Untuk melaksanakan ketentuan Pasal 5 ayat (5) Peraturan Pemerintah Nomor 90 Tahun 2010 tentang Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian
Negara/Lembaga dan ketentuan Pasal 5 ayat (2) Peraturan Menteri Keuangan Nomor 71/PMK.02/2013 tentang Pedoman Standar Biaya, Standar Struktur Biaya, dan Indeksasi dalam Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 51/PMK.02/2014 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 71/PMK.02/2013 tentang Pedoman Standar Biaya, Standar Struktur Biaya, dan Indeksasi dalam Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga, telah ditetapkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 112/PMK.02/2019 tentang Standar Biaya Keluaran Tahun Anggaran 2021.

Apa Itu Standar Biaya Keluaran 2021?

Standar Biaya Keluaran Tahun Anggaran 2021 merupakan besaran biaya yang ditetapkan untuk menghasilkan keluaran (output)/sub keluaran (sub output) Tahun Anggaran 2021.

Standar Biaya Keluaran Tahun Anggaran 2021 meliputi:
a. Standar Biaya Keluaran yang berlaku untuk beberapa/ seluruh kementerian negara/lembaga yang terdiri atas: 1) sub keluaran (sub output) Perencanaan, Pendidikan dan Pelatihan, Pemeriksaan, dan Perumusan Rancangan Standar Nasional Indonesia 3 (RSNI3); dan 2) sub keluaran (sub output) Penelitian; dan
b . Standar Biaya Keluaran yang berlaku untuk satu kementerian negara/lembaga tertentu.

Apa Fungsi Standar Biaya Keluaran 2021?

Dalam rangka perencanaan anggaran, Standar Biaya Keluaran Tahun Anggaran 2021 berfungsi sebagai:
a. batas tertinggi yang besarannya tidak dapat dilampaui dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran kementerian negara/lembaga Tahun Anggaran 2021;
b. referensi penyusunan prakiraan maju;
c. bahan penghitungan pagu indikatif kementerian negara/lembaga Tahun Anggaran 2022; dan/ atau
d. referensi penyusunan Standar Biaya Keluaran untuk keluaran (output)/ sub keluaran ( sub output) sejenis pada kementerian negara/lembaga yang berbeda.

Dalam rangka pelaksanaan anggaran, Standar Biaya Keluaran Tahun Anggaran 2021 berfungsi sebagai estimasi. Fungsi estimasi merupakan prakiraan besaran biaya yang dapat dilampaui, karena perubahan komponen tahapan dan/atau penggunaan satuan biaya yang dipengaruhi harga pasar. Fungsi estimasi dikecualikan bagi pelaksanaan anggaran Standar Biaya Keluaran sub keluaran (sub output) Penelitian. Besaran biaya yang dapat dilampaui dimaksud memperhatikan hal-hal sebagai
berikut:
a. proses pengadaannya sesua1 dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
b . ketersediaan alokasi anggaran; dan
c. prinsip ekonomis, efisiensi, dan efektivitas.

Ada yang lain?

Dalam hal pelaksanaan ketentuan memerlukan revisi anggaran, pelaksanaannya mengacu pada ketentuan dalam Peraturan Menteri Keuangan mengenai tata cara revisi anggaran.

Dalam pelaksanaan anggaran, besaran penggunaan satuan biaya untuk sub keluaran (sub output) Penelitian didasarkan pada hasil penilaian komite penilaian
dan/ atau reviewer. Pedoman pembentukan komite penilaian dan/ atau reviewer, dan tata cara pelaksanaan penilaian penelitian mengacu pada peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh Menteri yang menyelenggarakan urusan
pemerintahan di bidang riset dan teknologi.

Pelaksanaan anggaran berorientasi pada keluaran hasil akhir penelitian sesuai dengan kualifikasi standar kualitas yang telah ditetapkan dalam tata cara pelaksanaan penilaian.

Standar Biaya Keluaran yang berlaku untuk beberapa/ seluruh kementerian negara/lembaga tercantum dalam Lampiran I Peraturan Menteri ini.
Standar Biaya Keluaran yang berlaku untuk satu kemen terian negara/ lembaga tertentu tercantum dalam Lampiran II Peraturan Menteri ini.

Kementerian negara/lembaga bertanggungjawab atas penggunaan Standar Biaya Keluaran Tahun Anggaran 2021 dalam penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga Tahun Anggaran 2021 dan memprioritaskan pengalokasian anggarannya.

Pengawasan atas penggunaan Standar Biaya Keluaran Tahun Anggaran 2021 dilakukan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah Kementerian Negara/Lembaga sesuai peraturan perundang-undangan.

Kapan Standar Biaya Keluaran ini mulai berlaku?

Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan, yaitu taggal 25 Agustus 2020.

BERITA NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2020 NOMOR 945

Sumber: JDIH Kementerian Keuangan

Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat

PPKM adalah singkatan dari apa?

PPKM adalah singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Melihat perkembangan kasus aktif di Indonesia, di awal Februari/akhir Januari 2021, kasus Covid-19 naik sampai 176 ribu kasus Covid-19. Penurunan kasus Covid-19 terjadi dalam empat bulan secara pelan-pelan, sampai dengan pertengahan Mei 2021 kaus Covid-19 turun menjadi 87 ribu kasus. Tetapi begitu ada liburan Lebaran 2021 plus adanya varian baru Covid-19, pada akhir Juni 2021, kasus Covid-19 naik melompat dua kali lipat lebih, menjadi 228 ribu. Oleh karena itu, Pemerintah memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro dan akhirnya memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat.

PPKM Darurat adalah?

Berbeda dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, PPKM Darurat adalah kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang ditetapkan Pemerintah Indonesia setelah terjadi lonjakan kasus Covid-19 pada bulan Juni 2021. Berdasarkan masukan dari berbagai pihak, Pemerintah Indonesia memutuskan memberlakukan PPKM Darurat sejak tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021. PPKM Darurat diberlakukan khusus di pulau Jawa dan Bali. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat ini meliputi pembatasan-pembatasan aktivitas masyarakat yang lebih ketat daripada yang selama ini sudah berlaku.

Dengan adanya PPKM Darurat ini, diharapkan masyarakat lebih berdisiplin mematuhi pengaturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat demi keselamatan bersama. Pemerintah mengerahkan seluruh sumber daya yang ada untuk mengatasi penyebaran Covid-19, termasuk seluruh aparat negara, TNI-Polri maupun Aparatur Sipil Negara, dokter dan tenaga kesehatan.

Selama PPKM Darurat, Pemerintah juga terus meningkatkan kapasitas rumah sakit, fasilitas isolasi terpusat, maupun ketersediaan obat-obatan, alat kesehatan, hingga tangki oksigen. Dengan demikian, hiharapkan seluruh rakyat Indonesia dapat tetap tenang, waspada, mematuhi ketentuan-ketentuan yang ada, disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, dan mendukung aparat pemerintah dan relawan dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.

Tentu saja, dengan kerja sama yang baik dari seluruh pihak dalam menerapkan PPKM Darurat, dan atas rida Tuhan Yang Maha Esa, diharapkan Indonesia dapat menekan penyebaran Covid-19 dan memulihkan kehidupan masyarakat secara cepat.

Bagi warga negara Indonesia yang berada di Jawa dan Bali, mari kita dukung upaya Pemerintah dalam menyehatkan seluruh warga negara dengan mematuhi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Stay safe, stay health.

SBM 2022 : 20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Satuan biaya penyelenggaraan perwakilan Republik Indonesia di luar negeri merupakan satuan biaya yang digunakan untuk kebutuhan biaya penyelenggaraan operasional perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, berupa:

20.1 ATK, Langganan Koran/Majalah, Lampu, Pengamanan Sendiri, Kantong Diplomatik, dan Jamuan

a. ATK merupakan satuan biaya yang digunakan untuk membiayai pengadaan kebutuhan alat tulis (misal: kertas, ballpoint, dan amplop) yang alokasinya dikaitkan dengan jumlah pegawai.

b. Langganan koran/majalah merupakan satuan biaya yang digunakan untuk membiayai pengadaan media cetak.

c. Lampu merupakan satuan biaya yang digunakan untuk membiayai pengadaan penerangan di dalam gedung dan halaman kantor perwakilan.

d. Pengamanan sendiri merupakan satuan biaya yang digunakan untuk membiayai tenaga kerja yang ditunjuk untuk melakukan kegiatan pengamanan di kantor perwakilan dan wisma.

e. Kantong diplomatik merupakan satuan biaya yang digunakan untuk membiayai pengiriman dokumen diplomatik.

f. Jamuan merupakan satuan biaya yang digunakan untuk membiayai kegiatan Jamuan tamu diplomatik yang dilaksanakan di luar kantor.

20.2 Pemeliharaan, Pengadaan Inventaris Kantor, Pakaian Sopir/ Satpam, Sewa Kendaraan, dan Konsumsi Rapat

a. Pemeliharaan kendaraan dinas merupakan satuan biaya yang digunakan untuk mempertahankan kendaraan dinas perwakilan Republik Indonesia di luar negeri agar tetap dalam kondisi siap pakai sesuai dengan peruntukannya, termasuk biaya bahan bakar.

Catatan:

Untuk negara yang mempunyai 4 (empat) musim, satuan biaya tersebut sudah termasuk biaya penggantian ban salju. Dalam hal terdapat peraturan dari negara setempat yang mewajibkan asuransi kendaraan, biaya asuransi kendaraan dapat dialokasikan sesuai kebutuhan riil dan dilengkapi dengan data dukung yang dapat dipertanggungjawabkan.

b. Pemeliharaan gedung merupakan satuan biaya yang digunakan untuk pemeliharaan rutin gedung/bangunan kantor / wisma perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dengan maksud untuk menjaga/mempertahankan gedung/ bangunan kantor /wisma perwakilan Republik Indonesia di luar negeri agar tetap dalam kondisi semula atau perbaikan dengan tingkat kerusakan kurang dari atau sama dengan 2% (dua persen).

Satuan biaya pemeliharaan gedung/bangunan kantor/wisma perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dialokasikan untuk:

  1. gedung/bangunan milik negara; dan/ atau
  2. gedung/bangunan milik pihak lain (selain pemerintah Republik Indonesia) yang disewa dan/ atau dipinjam oleh pengguna barang dan dalam perjanjian diatur tentang adanya kewajiban bagi pengguna barang untuk melakukan pemeliharaan.

c. Pemeliharaan halaman merupakan satuan biaya yang digunakan untuk pemeliharaan rutin halaman gedung/bangunan perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

Catatan:

Untuk perwakilan Republik Indonesia di negara yang mempunyai 4 (empat) musim dapat dialokasikan biaya pemeliharaan tambahan di luar gedung untuk fasilitas umum apabila ada ketentuan pemeliharaan dari negara yang bersangkutan sesuai dengan kebutuhan riil dan dilengkapi oleh data dukung yang dapat dipertanggungjawabkan.

d. Pengadaan inventaris kantor merupakan satuan biaya yang digunakan untuk membiayai pengadaan meja dan kursi pegawai pada perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

Pengalokasiannya setinggi-tingginya 10% (sepuluh persen) dari jumlah pegawai (home stay), sedangkan pembelian inventaris bagi pegawai baru disesuaikan dengan kebutuhan.

e. Pakaian sopir / satpam merupakan satuan biaya yang digunakan untuk membiayai pengadaan pakaian dinas harian sopir / satpam pada perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

f. Sewa kendaraan sedan, bus, dan mobil box merupakan satuan biaya yang digunakan untuk membiayai kebutuhan biaya sewa kendaraan sedan, bus dengan kapasitas 32 (tiga puluh dua) penumpang selama 8 (delapan) jam, dan mobil box untuk kegiatan yang sifatnya insidentil dan dilakukan secara selektif serta efisien. Satuan biaya sewa tersebut sudah termasuk biaya bahan bakar dan pengemudi.

g. Konsumsi rapat merupakan satuan biaya yang digunakan untuk membiayai kebutuhan biaya pengadaan konsumsi rapat biasa yang diselenggarakan di kantor, dimana di dalamnya sudah termasuk makan dan kudapan.

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

SBM 2022 : 19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)

Download SBM 2022

Satuan biaya tiket pesawat perjalanan dinas luar negeri pergi pulang (PP) merupakan satuan biaya yang digunakan untuk kebutuhan biaya pembelian tiket pesawat udara dari bandara di Jakarta ke berbagai bandara kota tujuan di luar negeri pergi pulang (PP). Satuan biaya tiket termasuk biaya asuransi, tidak termasuk airport tax clan biaya retribusi lainnya.

Dalam pelaksanaan anggaran, satuan biaya tiket perjalanan dinas luar negeri menggunakan metode at cost ( sesuai pengeluaran).

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

SBM 2022 : 18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)

Download SBM 2022

Satuan biaya tiket pesawat perjalanan dinas dalam negeri pergi pulang adalah satuan biaya untuk pembelian tiket pesawat udara pergi pulang (PP) dari bandara keberangkatan suatu kota ke bandara kota tujuan.

Satuan biaya tiket termasuk biaya asuransi, tidak termasuk airport tax/bagasi, dan biaya retribusi lainnya. Dalam pelaksanaan anggaran, satuan biaya tiket perjalanan dinas dalam negeri menggunakan metode at cost (sesuai pengeluaran).

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

SBM 2022 : 17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri

Download SBM 2022

Satuan biaya taksi perjalanan dinas dalam negeri merupakan satuan biaya yang digunakan untuk kebutuhan biaya satu kali perjalanan taksi dari tempat kedudukan menuju bandara/ pelabuhan/ terminal/ stasiun keberangkatan atau dari bandara/pelabuhan/terminal/ stasiun kedatangan menuju termpat tujuan di kota bandara/ pelabuhan/terminal/ stasiun kedatangan dan sebaliknya.

Dalam pelaksanaan anggaran, satuan biaya taksi perjalanan dinas dalam negeri menggunakan metode at cost (sesuai pengeluaran).

Contoh penghitungan alokasi biaya taksi:

Seorang pejabat/ pegawai negeri melakukan perjalanan dinas jabatan dari Jakarta ke Medan, maka alokasi biaya taksinya sebagai berikut:

a. Berangkat

  1. satuan biaya taksi dari tempat kedudukan di Jakarta ke Bandara Soekarno-Hatta; dan
  2. satuan biaya taksi dari Bandara Kualanamu (Sumatra Utara) ke tempat tujuan (hotel/penginapan/kantor) di Medan.

b. Kembali

  1. satuan biaya taksi dari hotel/penginapan (Medan) ke Bandara : Kualanarnu·(sumatra Utafa); dan
  2. satuan. biaya taksi dari Bandara Soekarno-Hatta ke tempat kedudukan (Jakarta).

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

SBM 2022 : 16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan

Download SBM 2022

Satuan biaya sewa gedung pertemuan merupakan satuan biaya yang digunakan untuk kebutuhan biaya sewa gedung pertemuan untuk pelaksanaan kegiatan di luar kantor antara lain rapat koordinasi, sosialisasi, seleksi/ujian masuk pegawai, dan kegiatan lain sejenis.

Gedung pertemuan adalah gedung yang biasa digunakan untuk pertemuan dengan kapasitas lebih dari 300 (tiga ratus) orang, sudah termasuk sewa meja, kursi, sound system, dan fasilitas gedung pertemuan lainnya.

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

SBM 2022 : 15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri

Download SBM 2022

Satuan biaya pemeliharaan gedung/bangunan dalam negeri merupakan satuan biaya yang digunakan untuk kebutuhan biaya pemeliharaan rutin gedung/bangunan di dalam negen dengan maksud menjaga/mempertahankan gedung dan bangunan kantor di dalam negeri agar tetap dalam kondisi semula atau perbaikan dengan tingkat kerusakan kurang dari atau sama dengan 2% (dua persen), tidak termasuk untuk pemeliharaan gedung/bangunan di dalam negeri yang memiliki spesifikasi khusus berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Satuan biaya pemeliharaan gedung/bangunan dalam negeri dialokasikan untuk:

  1. gedung/bangunan milik negara; dan/atau
  2. gedung/bangunan milik pihak lain yang disewa dan/atau dipinjam oleh pengguna barang dan dalam perjanjian diatur tentang adanya kewajiban bagi pengguna barang untuk melakukan pemeliharaan.

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

SBM 2022 : 14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas

Download SBM 2022

Satuan biaya pemeliharaan dan operasional kendaraan dinas merupakan satuan biaya yang digunakan untuk kebutuhan biaya pemeliharaan dan operasional kendaraan dinas yang digunakan untuk mempertahankan kendaraan dinas agar tetap dalam kondisi normal dan siap pakai sesuai dengan peruntukannya.

Satuan biaya tersebut sudah termasuk biaya bahan bakar, tetapi belum termasuk biaya pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang besarannya mengacu pada ketentuan yang berlaku.

Catatan:

1. Yang dimaksud kendaraan operasional dalam lingkungan kantor adalah kendaraan yang digunakan hanya dalam lingkungan kantor.

Contoh: Golf car/ sejenisnya yang digunakan untuk mengantar tamu kenegaraan.

2. Khusus untuk kendaraan dinas yang pengadaannya bersumber dari sewa, satuan biaya operasional tersebut hanya diperuntukkan untuk bahan bakar.

3. Satuan biaya ini tidak diperuntukkan bagi:

a. kendaraan yang rusak berat yang memerlukan biaya pemeliharaan besar dan untuk selanjutnya harus dihapuskan dari daftar inventaris; dan/ atau

b. pemeliharaan kendaraan yang bersifat rekondisi dan/ atau overhaul.

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

SBM 2022 : 13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru

Download SBM 2022

Satuan biaya penggantian inventaris lama dan/ atau pembelian inventaris untuk pegawai baru merupakan satuan biaya yang digunakan untuk kebutuhan biaya penggantian inventaris lama dan/ atau pembelian inventaris bagi pegawai baru. Penggantian inventaris lama digunakan untuk penggantian meja dan kursi pegawai, pengalokasiannya maksimal 10% (sepuluh persen) dari jumlah pegawai, sedangkan pembelian inventaris bagi pegawai baru disesuaikan dengan kebutuhan.

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

SBM 2022 : 12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri

Download SBM 2022

Satuan biaya keperluan sehari-hari perkantoran di dalam negeri merupakan satuan biaya yang digunakan untuk kebutuhan biaya keperluan sehari-hari perkantoran berupa barang habis pakai yang secara langsung menunjang penyelenggaraan operasional dan untuk memenuhi kebutuhan minimal agar suatu kantor dapat memberikan pelayanan secara optimal, terdiri atas: alat tulis kantor (ATK), barang cetak, alat-alat rumah tangga, langganan surat kabar/berita/majalah, dan air minum pegawai.

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

SBM 2022 : 11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat

Download SBM 2022

Satuan biaya konsumsi rapat merupakan satuan biaya yang digunakan untuk kebutuhan biaya pengadaan makan dan kudapan termasuk minuman untuk rapat/pertemuan baik untuk rapat koordinasi tingkat menteri/eselon I/setara maupun untuk rapat biasa dan dilaksanakan secara langsung (offline) minimal selama 2 (dua) jam.

Rapat koordinasi tingkat menteri/ eselon I/ setara adalah rapat koordinasi yang pesertanya menteri/ eselon I/pejabat yang setara.

Catatan:

  1. Konsumsi rapat berupa makan dan kudapan termasuk minuman dapat diberikan jika melibatkan unit eselon I lainnya/kementerian negara/lembaga lainnya/instansi pemerintah/pihak lain.
  2. Konsumsi rapat berupa kudapan termasuk minuman dapat diberikan jika melibatkan satker / eselon II lainnya/ setara.
  3. Yang dimaksud satker lainnya adalah kantor vertikal berdasarkan struktur organisasi.

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

SBM 2022 : 10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia

Download SBM 2022

Satuan biaya konsumsi tahanan/ deteni/ ABK nonjustisia merupakan satuan biaya yang digunakan untuk kebutuhan biaya pengadaan paket makanan tahanan/ deteni/ ABK nonjustisia, diberikan untuk tahanan/ deteni/ ABK nonjustisia yang antara lain berada pada rumah tahanan Kejaksaan, Kepolisian, Badan Narkotika Nasional (BNN), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan rumah penampungan sementara ABK nonjustisia pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

SBM 2022 : 9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan

Download SBM 2022

Satuan biaya pengadaan bahan makanan merupakan satuan biaya yang digunakan untuk kebutuhan biaya pengadaan bahan makanan dan diberikan untuk:

9.1 Pengadaan Bahan Makanan untuk Narapidana/Tahanan dan Anak di Lapas/Rutan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Satuan biaya pengadaan bahan makanan diberikan kepada Narapidana/Tahanan dan Anak. Ketentuan lebih lanjut terkait dengan pengadaan bahan makanan narapidana/tahanan dan anak mengacu pada Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Catatan:

Khusus untuk Lembaga Pembinaan Khusus (LPK) Anak dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dengan kategori high risk/ apabila diperlukan dapat menggunakan mekanisme pengadaan makanan siap saji dengan besaran yang sama.

9.2 Pengadaan Bahan Makanan untuk Operasi Pasukan/Latihan

Pratugas/Latihan Pasukan Lainnya Bagi Anggota Polri/TNI, Dikma Taruna/Karbol/Kadet Bagi Anggota Polri/TNI, Diklat Lainnya Bagi Kementerian Pertahanan (Kemhan) / Anggota Polri/TNI, Anggota yang Sakit Bagi Kemhan/ Anggota Polri/TNI, Tahanan Anggota Polri/TNI, dan Jaga Kawal Bagi Kemhan/ Anggota Polri/TNI

a. Operasi pasukan adalah kegiatan terencana yang dilaksanakan oleh satuan Polri/TNI dengan sasaran, waktu, tempat dan dukungan logistik yang telah ditetapkan sebelumnya melalui perencanan terinci dalam rangka melaksanakan tugas Operasi Militer Perang/Operasi Militer Selain Perang untuk mempertahankan serta melindungi wilayah negara dan bangsa serta kepentingan lainnya dari berbagai bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan baik dari dalam maupun luar negeri.

Latihan pra tugas/latihan pasukan lainnya adalah kegiatan terencana dalam rangka kesiapan pelaksanaan operasi berupa latihan yang terdiri dari teori dan praktek dengan sasaran, waktu, tempat dan dukungan logistik yang telah ditetapkan sebelumnya melalui perencanaan terinci.

b. Dikma/Taruna/Karbol/Kadet adalah pendidikan untuk membentuk prajurit siswa menjadi prajurit, yang ditempuh melalui pendidikan dasar golongan pangkat, dengan tujuan agar memiliki tingkat kepribadian, kemampuan intelektual, dan jasmani sesuai dengan peranan dan golongan pangkatnya Perwira.

c. Diklat lainnya bagi Kemhan/ Anggota Polri/TNI adalah pendidikan untuk membentuk prajurit siswa/pelajar menjadi prajurit, yang ditempuh melalui pendidikan dasar golongan pangkat, dengan tujuan agar memiliki tingkat kepribadian, kemampuan intelektual, dan jasmani sesuai dengan peranan dan golongan pangkatnya Bintara/Tamtama serta pendidikan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan/ keterampilan anggota.

d. Anggota yang sakit adalah Kemhan/ Anggota Polri/TNI dan keluarganya yang dirawat/ sakit (pasien).

e. Tahanan adalah Anggota Polri/TNI yang ditahan karena pelanggaran disiplin.

f. Jaga kawal adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk menjaga kesatrian/ satuan secara terus menerus dengan kekuatan dan tempat tertentu sesuai dengan kebutuhan di masmgkesatrian/ satuan.

9.3 Pengadaan Bahan Makanan Untuk Pasien Rumah Sakit dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)

a. Pengadaan Bahan Makanan Pasien Rumah Sakit adalah pengadaan bahan makanan yang diberikan kepada pas1en rumah sakit pemerintah.

b. PMKS dalam Panti Sosial/Rumah Perlindungan Sosial adalah pengadaan bahan makanan yang diberikan kepada PMKS yang mendapatkan pelayanan/ perlindungan/ rehabilitasi sosial di dalam Panti Sosial/Rumah Perlindungan Sosial.

9.4 Pengadaan Bahan Makanan Untuk Keluarga Penjaga Menara Suar (PMS), Petugas Pengamatan Laut, Anak Buah Kapal (ABK) Cadangan pada Kapal Negara, ABK Aktif pada Kapal Negara, dan Petugas Stasiun Radio Pantai (SROP) dan Vessel Traffic Information Service (VTIS)

a. Keluarga PMS adalah keluarga petugas penJaga menara suar yang ikut serta mendampingi petugas penjaga menara suar di lokasi tempat bertugas. Satuan biaya pengadaan bahan makanan untuk keluarga penjaga menara suar diberikan kepada istri/ suami dan anak (maksimal 2 anak) petugas penjaga menara suar.

b. Petugas pengamatan laut adalah petugas yang melaksanakan survei hidrografi pada alur pelayaran serta melakukan evaluasi alur dan perlintasan serta memonitoring pelaksanaan Sarana Bantuan Navigasi Pelayaran (SBNP).

c. ABK Cadangan pada Kapal Negara adalah awak kapal negara yang siaga untuk ditempatkan pada kapal negara pada saat sandar dan bertolak serta bongkar muat.

d. ABK Aktif pada Kapal Negara adalah awak kapal negara yang ditempatkan dan bekerja di kapal negara pada posisi tertentu pada saat berlayar dan/ atau melakukan operasi/ patroli pengawasan.

e. Petugas SROP dan VTIS adalah petugas yang mengoperasikan peralatan di SROP dan VTIS.

9.5 Pengadaan Bahan Makanan untuk Petugas Bengkel dan Galangan Kapal Kenavigasian, Petugas Pabrik Gas Aga untuk Lampu Suar, PMS, dan Kelompok Tenaga Kesehatan Kerja Pelayaran

a. Petugas bengkel dan galangan kapal kenavigasian adalah petugas yang memperbaiki dan merawat sarana prasarana kenavigasian di bengkel navigasi dan memperbaiki serta merawat kapal negara kenavigasian di galangan navigasi.

b. Petugas pabrik gas aga untuk lampu suar adalah petugas yang bekerja di pabrik gas aga di Balai Teknologi Keselamatan Pelayaran (BTKP), gas aga digunakan sebagai bahan bakar bagi lampu-lampu menara suar.

c. PMS adalah petugas yang menjaga dan merawat menara suar agar dapat berfungsi dengan baik.

d. Kelompok tenaga kesehatan kerja pelayaran adalah petugas kesehatan yang bertugas memeriksa kondisi kesehatan para awak kapal pada saat pengurusan sertifikasi kepelautan.

9.6 Pengadaan Bahan Makanan untuk Mahasiswa/Siswa Sipil dan Mahasiswa Militer / Semi Militer di Lingkup Sekolah Kedinasan

a. mahasiswa/siswa sipil (seperti mahasiswa pada Sekolah Tinggi Perikanan, Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial); dan

b. mahasiswa/ siswa militer / semi militer (seperti mahasiswa Akademi TNI/ Akpol, mahasiswa Penerbangan, mahasiswa Institut Pemerintahan Dalam Negeri).

Catatan:

Untuk Mahasiswa/ Siswa Sipil dan Mahasiswa Militer / Semi Militer di Lingkup Sekolah Kedinasan yang memiliki kualifikasi khusus dan dananya bersumber dari PNBP dapat diberikan estimasi untuk kebutuhan biaya pengadaan bahan makanan sebesar Rp55.000,00 (lima puluh lima ribu rupiah).

9.7 Pengadaan Bahan Makanan untuk Rescue Team

Pengadaan Bahan Makanan untuk Rescue Team adalah pengadaan bahan makanan yang diberikan kepada Rescue Team pada saat melaksanakan tugasnya (misal: penanganan bencana).

Catatan:

Khusus untuk Kegiatan Operasi Pencarian dan Pertolongan pada saat melaksanakan tugas operasi pencarian dan pertolongan pada kecelakaan penerbangan, kecelakaan pelayaran, bencana, dan kondisi membahayakan manusia, apabila diperlukan dapat menggunakan mekanisme pengadaan makanan siap saji dengan biaya sebesar 150% (seratus lima puluh persen) dari besaran pengadaan bahan makanan untuk rescue team.

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

SBM 2022 : 8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional

Download SBM 2022

Satuan biaya honorarium narasumber pakar/ praktisi/ profesional merupakan satuan biaya yang digunakan untuk kebutuhan honorarium narasumber pakar/ praktisi/ profesional dari luar lingkup kementerian negara/lembaga penyelenggara yang mempunyai keahlian/ profesionalisme dalam ilmu/ bidang tertentu dalam kegiatan seminar/ rapat/ sosialisasi/ diseminasi/ workshop/ sarasehan/ simposium/ diklat/ lokakarya/ Focus Group Discussion/kegiatan sejenis yang diselenggarakan baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang dilaksanakan secara langsung (offline) maupun daring (online) melalui aplikasi secara live dan bukan rekaman/hasil tapping. Untuk kegiatan yang diselenggarakan di luar negeri, narasumber dikelompokkan sebagai berikut:

Narasumber Kelas A:Narasumber Pakar/ Praktisi/ Profesional yang disetarakan dengan Menteri, ketua dan wakil ketua lembaga negara.
Narasumber Kelas B:Narasumber Pakar /Praktisi/Profesional yang disetarakan dengan duta besar luar biasa dan berkuasa penuh, duta besar yang menjabat kepala perwakilan, pegawai negeri Gol. IV/c ke atas, perwira tinggi Anggota Polri/TNI, dan anggota lembaga negara.
Narasumber Kelas C:Narasumber Pakar / Praktisi/ Profesional yang disetarakan dengan pegawai negeri Gol. III/c sampai dengan Gol. IV /b dan perwira menengah Anggota Polri/TNI.

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

SBM 2022 : 7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi

Download SBM 2022

Satuan biaya sewa mesin fotokopi merupakan satuan biaya yang digunakan untuk kebutuhan biaya sewa mesin fotokopi analog dan/atau mesin fotokopi digital, untuk menunjang pelaksanaan operasional kantor. Satuan biaya ini sudah termasuk toner dan biaya perawatan untuk pencetakan sampai dengan 6.000 (enam ribu) lembar/bulan.

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

SBM 2022 : 6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri

Download SBM 2022

Satuan biaya bantuan beasiswa program gelar/nongelar dalam negeri merupakan satuan biaya yang digunakan untuk kebutuhan biaya bantuan mahasiswa program gelar/nongelar dalam negeri bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara/ Anggota Polri/TNI yang ditugaskan untuk melanjutkan pendidikan Diploma I, Diploma III, Diploma IV atau Strata 1 (S1), dan pendidikan Pascasarjana (Strata 2 (S2) atau Strata 3 (S3)) yang terdiri dari biaya hidup dan operasional, uang buku dan referensi.

Biaya pelaksanaan pendidikan ditanggung oleh Pemerintah secara at cost sedangkan untuk biaya riset program dapat dialokasikan bantuan biaya riset sesuai kemampuan keuangan kementerian negara/lembaga masing-masing.

Pemberian satuan biaya ini dapat diberikan sepanjang belum memperoleh bantuan serupa dari pihak lain.

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

SBM 2022 : 5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan

Download SBM 2022

Satuan biaya penerjemahan dan pengetikan merupakan satuan biaya yang digunakan untuk kebutuhan biaya penerjemahan dan pengetikan dari naskah asli ke dalam bahasa yang diinginkan.

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

SBM 2022 : 4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor

Download SBM 2022

Satuan biaya pemeliharaan sarana kantor merupakan indeks satuan biaya yang digunakan untuk kebutuhan dalam rangka mempertahankan barang inventaris kantor (yang digunakan langsung oleh pegawai, khususnya meja dan kursi), personal computer/ notebook/ printer/ AC split/ dan genset agar berada dalam kondisi normal (beroperasi dengan baik). Untuk biaya pemeliharaan genset belum termasuk kebutuhan bahan bakar minyak.

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

SBM 2022 : 3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)

Download SBM 2022

Satuan biaya transpor kegiatan dalam kabupaten/kota merupakan satuan biaya untuk kebutuhan biaya transportasi Pejabat Negara/Pegawai Aparatur Sipil Negara/ Anggota Polri/TNI/pihak lain dalam melakukan kegiatan/pekerjaan di luar kantor dalam batas wilayah suatu kabupaten/kota PP yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas kantor/instansi dengan ketentuan tidak menggunakan kendaraan dinas.

Satuan biaya transpor kegiatan dalam kabupaten/kota tidak dapat diberikan kepada Pejabat Negara/Pegawai Aparatur Sipil Negara/Anggota Polri/TNI/pihak lain yang melakukan kegiatan dalam kompleks perkantoran yang sama.

Catatan:

  1. Untuk kegiatan dalam kabupaten/kota yang memerlukan biaya melebihi satuan biaya yang ditetapkan (termasuk moda transportasi udara dan/ atau air) dapat diberikan secara at cost.
  2. Dalam hal instansi/unit penyelenggara tidak memberikan satuan biaya transpor kegiatan dalam kabupaten/kota, instansi/unit pengirim dapat memberikan satuan biaya transpor kegiatan dalam kabupaten/kota.
  3. Khusus Provinsi DKI Jakarta, yang dimaksud kabupaten/kota adalah meliputi kesatuan wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan.

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

SBM 2022 : 2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)

Download SBM 2022

Satuan biaya transportasi dari DKI Jakarta ke kabupaten/kota sekitar merupakan satuan biaya untuk kebutuhan biaya transportasi bagi Pejabat Negara/Pegawai Aparatur Sipil Negara/ Anggota Polri/TNI/pihak lain dari tempat kedudukan di DKI Jakarta ke tempat tujuan di Kabupaten/Kota Bogar, Kota Depok, Kabupaten/Kota Bekasi, Kabupaten/Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kepulauan Seribu atau sebaliknya dalam rangka pelaksanaan perjalanan dinas dalam negeri.

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan
  2. Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja yang Khusus Mengelola Belanja Pegawai
  3. Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa
  4. Honorarium Perangkat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)
  5. Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  6. Honorarium Pengelola Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi (SAI)
  7. Honorarium Pengurus/Penyimpan Barang Milik Negara
  8. Honorarium Kelebihan Jam Perekayasaan
  9. Honorarium Penunjang Penelitian/Perekayasaan
  10. Honorarium Komite Penilaian dan/ atau Reviewer Proposal dan Komite Penilaian dan/atau Reviewer Keluaran Penelitian
  11. Honorarium Narasumber /Moderator /Pembawa Acara/Panitia
  12. Honorarium Pemberi Keterangan Ahli/Saksi Ahli dan Beracara
  13. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Pada Lingkup Pendidikan Tinggi
  14. Honorarium Penyuluh Nonpegawai Negeri Sipil
  15. Satuan Biaya Operasional Penyuluh
  16. Honorarium Rohaniwan
  17. Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan
  18. Honorarium Tim Penyusunan Jurnal/Buletin/Majalah/Pengelola Website
  19. Honorarium Penyelenggara Sidang/Konferensi Internasional/ Konferensi
  20. Honorarium Penyelenggara Ujian dan Vakasi
  21. Honorarium Penulisan Butir Soal Tingkat Nasional
  22. Honorarium Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  23. Satuan Biaya Uang Makan Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Uang Lauk Pauk bagi Anggota Polri/TNI
  24. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  25. Satuan Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  26. Biaya Paket Data dan Komunikasi
  27. Satuan Biaya Pengepakan dan Angkutan Barang Perjalanan Dinas Pindah Dalam Negeri
  28. Satuan Biaya Bantuan Biaya Pendidikan Anak (BBPA) pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  29. Honorarium Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, dan Pramubakti
  30. Satuan Biaya Uang Harian Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Uang Representasi
  31. Satuan Biaya Dang Harian Perjalanan Dinas Luar Negeri
  32. Satuan Biaya Penginapan Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  33. Satuan Biaya Rapat/Pertemuan di Luar Kantor
  34. Satuan Biaya Tiket Perjalanan Dinas Pindah Luar Negeri (One Way)
  35. Satuan Biaya Operasional Khusus Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  36. Satuan Biaya Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  37. Satuan Biaya Sewa Kendaraan
  38. Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas
  39. Satuan Biaya Pengadaan Pakaian Dinas

Catatan Umum Lampiran I Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran I SBM 2022.

Download SBM 2022

Lihat Juga :
(Lampiran I – Standar Biaya Masukan 2022 – klik link untuk melihat detil)

  1. Satuan Biaya Transportasi Darat dari Ibu Kota Provinsi ke Kabupaten/Kota dalam Provinsi yang Sama (One Way)
  2. Satuan Biaya Transportasi dari DKI Jakarta ke Kabupaten/Kota Sekitar (One Way)
  3. Satuan Biaya Transpor Kegiatan Dalam Kabupaten/Kota Pergi Pulang (PP)
  4. Satuan Biaya Pemeliharaan Sarana Kantor
  5. Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan
  6. Satuan Biaya Bantuan Beasiswa Program Gelar/Nongelar Dalam Negeri
  7. Satuan Biaya Sewa Mesin Fotokopi
  8. Honorarium Narasumber Pakar/Praktisi/Profesional
  9. Satuan Biaya Pengadaan Bahan Makanan
  10. Satuan Biaya Konsumsi Tahanan/Deteni/ ABK Nonjustisia
  11. Satuan Biaya Konsumsi Rapat
  12. Satuan Biaya Keperluan Sehari-hari Perkantoran di Dalam Negeri
  13. Satuan Biaya Penggantian Inventaris Lama dan/atau Pembelian Inventaris untuk Pegawai Baru
  14. Satuan Biaya Pemeliharaan dan Operasional Kendaraan Dinas
  15. Satuan Biaya Pemeliharaan Gedung/Bangunan Dalam Negeri
  16. Satuan Biaya Sewa Gedung Pertemuan
  17. Satuan Biaya Taksi Perjalanan Dinas Dalam Negeri
  18. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pergi Pulang (PP)
  19. Satuan Biaya Tiket Pesawat Perjalanan Dinas Luar Negeri Pergi Pulang (PP)
  20. Satuan Biaya Penyelenggaraan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri

Catatan umum lampiran II Standar Biaya Masukan 2022 adalah sebagai berikut: Catatan Umum Lampiran II SBM 2022.

Download SBM 2022

%d blogger menyukai ini: