5 Kesalahan yang Bikin Bisnis Gagal

Banyak orang yang berbisnis, namun mengalami kegagalan dan berujung menyerah. Namanya juga bisnis, gagal itu sudah wajar terjadi. Nah, supaya bisa belajar dari kegagalan diri sendiri maupun orang lain, yuk kita hindari kesalahan yang bikin bisnis gagal.

Perencanaan Bisnis yang Kurang Matang 

Sebelum memulai bisnis, sudah bikin perencanaan bisnis yang jelas? Tanpa perencanaan bisnis yang jelas tidak akan membuat bisnis bertahan lama. Identifikasi terlebih dahulu detail karakter produk atau jasa, rencanakan cara penjualan dan pemasaran yang tepat, analisis ancaman bisnis dan mitigasinya, siapa target pasarnya, dan rencana cadangan jika suatu saat bisnis menghadapi hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Empat Pertanyaan Dalam Perencanaan, Cukup?

Tidak Memiliki Relasi Bisnis 

Relasi bisnis akan mendukung perkembangan bisnis yang mengikuti perkembangan produk dan layanan. Jalinlah relasi bisnis dengan orang lain, influencer, mentor, supplier, sampai dengan membangun testimoni orang lain.

Tidak Mengikuti Tren

Tren diperlukan untuk mengetahui kebutuhan target pasar. Inovasi bisnis sangat diperlukan agar produk dan layanan tidak tertinggal oleh tren. Bisa jadi, inovasi produk dan layanan yang kita lakukan akan memimpin perubahan tren pasar. Jadikan kritik dan saran dari orang lain atas produk dan layanan menjadi gerbang utama dalam berinovasi dan mengikuti/ membentuk tren.

Tidak Memiliki Perencanaan Keuangan yang Baik

Perencanaan keuangan yang dijalankan dengan disiplin adalah pondasi dalam membangun bisnis. Dengan perencanaan keuangan pribadi yang baik, akan menjadi pondasi perencanaan keuangan yang baik pula untuk keberhasilan bisnis. Rencanakan keuangan sebaik mungkin mulai dari menyisihkan dana darurat, charity, menabung, mengalokasikan pengeluaran rutin bulanan. Termasuk merencanakan ketika terjadi risiko bisnis.

Baca Juga: Perencanaan Keuangan Keluarga

Tidak Belajar dari Kegagalan

Orang pada umumnya selalu belajar dari kesuksesan orang lain. Namun jarang sekali orang yang belajar dari kegagalan. Gagal merupakan pembelajaran dalam membangun bisnis. Dapatkan tips kegagalan dari pengalaman diri sendiri dan orang lain, untuk mempersiapkan mitigasi risiko yang lebih baik supaya tidak terjerumus pada lubang yang sama.

Nah, itulah 5 kesalahan yang sering membuat bisnis gagal. Hindari bisnis gagal dengan perencanaan yang lebih baik. Jangan patah semangat untuk terus berbisnis, belajar, dan berinovasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: