7 Tips dan Cara Jualan Online Bagi Pemula, Laris Manis!

Sekarang sudah eranya jualan online. Mulai dari gerbang rumah sampai kebutuhan dapur, dari ujung rambut sampai ujung kaki, bisa kita temukan di internet. Artinya apa? Kita pun bisa jualan apa saja di internet.

Meskipun peluang jualan online sangat tinggi, tidak semua orang bisa sukses jualan online. Bahkan segelintir cerita tentang kegagalan jualan online, bisa jadi boomerang dan langsung membuat kita bahkan berhenti sebelum bertindak.

Ingat, sukses adalah hak semua orang. Oleh karena itu, kami akan bocorkan tips sukses jualan online versi fasicha.com.

Taraaaa… berikut adalah 7 tips dan cara jualan online terlaris yang bisa Kamu coba:

  1. Kenali kelebihan produk
  2. Buat toko online
  3. Gambar dan deskripsi menarik
  4. Pelajari tren
  5. Aktif di media sosial
  6. Iklan bisnis marketing
  7. Promo

Yuk kita bahas satu per satu masing-masing poin tips dan cara jualan online dengan lengkap. Dengan begitu, Kamu bisa langsung jualan online laris manis!

7 Tips dan Cara Jualan Online Bagi Pemula

Nah, perhatikan dengan baik ya, supaya jualan online Kamu laris manis!

1. Kenali Kelebihan Produk

Apa sih kelebihan produk Kamu? Harga terjangkau, kualitas terbaik, atau ada yang lain? Apa sih kelebihan produk Kamu yang tidak dimiliki kompetitor Kamu?

Bingung ya jawabannya? Tidak apa apa, aman Bosque… Pelan-pelan saja.

Kelebihan produk Kamu dibandingkan dengan pesaing , akan menarik pembeli supaya jualan online Kamu laris manis. Tidak perlu banyak, satu kelebihan saja juga cukup yang penting ada alasan kenapa sih pembeli harus beli (beli lagi dan lagi) di tempat kita.

Jadikan kelebihan tersebut menjadi hal yang akan diingat pelanggan kita.

2. Buat toko online

Namanya juga jualan online ya wajib punya toko online lah… Bisa pakai market place yang sudah punya nama. Seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak dll.

Namun coba pertimbangan Kamu punya website khusus untuk landing page para pelanggan Kamu. Dengan begitu, pelanggan akan lebih percaya dan produk Kamu memiliki brand awareness yang baik. Di website tersebut dapat Kamu isi dengan konten bisnis yang bermanfaat bagi pelanggan sehingga dapat menarik perhatian pelanggan lama dan baru untuk kembali lagi dan lagi ke portofolio kita.

3. Gambar dan deskriptsi menarik

Hal sepele dan remeh seperti gambar dan deskripsi produk bisa juga mempengaruhi laris tidaknya jualan online Kamu. Dengan gambar yang menarik dan deskripsi dengan kalimat promosi dan persuasif, akan menyentuh sisi emosional pelanggan.

Unggah gambar yang sesuai degan produk, dengan sentuhan edit/infografis yang menarik perhatian pelanggan. Jangan sampai pelanggan langsung ill feel ketika pertama kali melihat gambar produk. Karena jatuh cinta itu dimulai dari pandangan mata, baru turun ke hati.

Ceritakan dari kaca mata pelanggan. Masalah apa yang pelanggan hadapi dan produk Kamu adalah jawaban/solusi dari masalah mereka. Perlihatkan bahwa dengan produk kita, akan membuat pelanggan menjadikan diri mereka lebih baik.

4. Pelajari tren

Data adalah hal penting dalam bisnis. Terutama data penjualan dan promosi.

Dengan data penjualan, kita bisa melihat tren produk mana yang paling laris. Produk apa yang disukai pelanggan. Kapan waktu penjualan meroket atau sedang lesu.

Selanjutnya data promosi. Siapa pelanggan Kamu? Dimana lokasi mereka tinggal? Kanal marketing apa yang paling efektif? Kalau masih bingung caranya, bisa pakai Google Analytic ya.

Nah, dengan data tersebut Kamu bisa menentukan produk apa yang perlu diperbanyak dan menjadi fokus dalam jualan online, serta kapan waktu kita perlu promosi dan bagaimana cara yang paling efektif.

5. Aktif di media sosial

Media sosial masih menjadi hal penting dalam jualan online. Dari media sosial, akan muncul pelanggan baru dan dapat meningkatkan engagement pelanggan. Bisa dari follow, like, comment, maupun klik link (website, youtube, blog) yang kita bagikan.

Ketika kita bisa berinteraksi dengan baik melalui media sosial, maka pelanggan akan merekomendasikan jualan online kita kepada orang terdekat mereka. Makanya sosial media menjadi hal penting untuk jualan online.

6. Iklan bisnis marketing

Iklan bisa dilakukan dimana saja. Manfaatkan word of mouth marketing, micro influencer, google ads, dengan pilihan target iklan yang advance. Mulai dari interest targeting, connection/behaviour targeting, custom targeting, dan lookalike targeting.

  • Interest targeting: Mirip dengan keyword targeting yang ada di Google Ads. Sosial media tempat Kamu beriklan akan menganalisis pengguna yang sebelumnya menggunakan keyword yang Kamu pasang.
  • Connection/behaviour targeting: Jangkau calon pelanggan tertentu berdasarkan kebiasaan dan intensi belanja mereka atau bagaimana mereka pernah terkoneksi ke salah satu halaman spesifik di website Kamu sebelumnya.
  • Custom targeting: Dengan opsi ini Kamu bisa menjangkau pelanggan dengan data leads yang Kamu miliki seperti alamat email, nomor telepon,
  • Lookalike targeting: Jangkau pelanggan baru dengan karakteristik yang hampir sama dengan pelanggan yang Kamu miliki sekarang.

7. Promo

Siapa sih orang yang tidak suka promo? Promo adalah salah satu cara paling ampuh supaya jualan online Kamu laris manis. Apalagi kalau jualan online Kamu baru saja mulai.

Tapi harus hati-hati ya, jangan sampai kebablasan promonya. Bukannya untung malah buntung karena biaya promo yang lebih besar pasak daripada tiang.

Manakah tips dan cara jualan online yang siap Kamu praktikkan?

Manakah tips yang sudah Kamu lakukan selama ini? Sekarang Kamu bisa lebih pede dengan jualan online kan? Semoga semua tips di atas bisa membuat jualan online Kamu laris manis ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: