Lanjut ke konten

Komitmen Pimpinan

Foto: Khoirul Mampe

Dalam pelaksanaan reformasi birokrasi, khususnya dalam komponen reform pada area perubahan manajemen perubahan, diharapkan pimpinan instansi pemerintah memiliki komitmen terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi. Komitmen ini terlihat dengan tercantumnya target capaian reformasi yang jelas di dalam dokumen perencanaan instansi pemerintah. Wujud komitmen pimpinan instansi pemerintah terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi, juga terlihat dengan adanya perhatian khusus para pimpinan instansi pemerintah kepada unit kerja yang berhasil melaksanakan reformasi.

Target capaian reformasi diharapkan tercantum di dalam dokumen perencananaan, yaitu pada rencana strategis dan perjanjian kinerja instansi pemerintah. Dengan tercantumnya target capaian reformasi di dalam dokumen perencanaan, maka secara otomatis pimpinan akan berupaya mencapai target tersebut baik dalam jangka panjang, menengah maupun tahunan.

Tentu saja, target capaian reformasi perlu dilakukan monitoring, evaluasi dan hasil evaluasinya ditindaklanjuti agar tercapai sesuai dengan target sebagaimana tercantum dalam dokumen perencanaan. Seberapa besar capaian target reformasi tersebut juga menjadi indikator seberapa tinggi komitmen pimpinan instansi pemerintah. Diharapkan target capaian reformasi minimal dapat tercapai diatas 80% dari target kinerja instansi pemerintah.

Selanjutnya, komitmen pimpinan instansi pemerintah terlihat dari jumlah unit kerja yang berhasil melaksanakan reformasi. Keberhasilan unit kerja ditandai dengan adanya penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi/Ombudsman/Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) kepada unit kerja di instansi pemerintah. Penghargaan yang diperoleh misalnya: predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani), penghargaan pelayanan publik, penghargaan kepatuhan standar pelayanan publik Ombudsman RI, penghargaan penilaian integritas KPK dan lain sebagainya.

Tentu saja, komitmen pimpinan instansi pemerintah dalam menjalankan reformasi birokrasi juga terlihat dari jumlah unit kerja yang berhasil melaksanakan reformasi. Unit kerja yang berhasil melaksanakan reformasi ditandai dengan adanya pemberian reward/perhatian khusus dari pimpinan instansi pemerintah. Reward/perhatian khusus pimpinan berupa perlakuan khusus pimpinan terhadap unit kerja yang berhasil melaksanakan reformasi dibanding yang belum berhasil, misalnya: adanya alokasi anggaran khusus untuk unit kerja yang telah berhasil, pemberian penghargaan berupa promosi untuk pimpinan unit kerja yang berhasil, atau bentuk penghargaan lainnya.

Komitmen pimpinan sangat berperan penting dalam pelaksanaan reformasi birokrasi. Oleh karena itu, dengan meningkatkan komitmen pimpinan, maka diharapkan instansi pemerintah dapat mewujudkan perubahan berkesinambungan dan instansi pemerintah mampu mewujudkan birokrasi yang baik, bersih, dan berkelas dunia.

4 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: