Lanjut ke konten

Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat

PPKM adalah singkatan dari apa?

PPKM adalah singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Melihat perkembangan kasus aktif di Indonesia, di awal Februari/akhir Januari 2021, kasus Covid-19 naik sampai 176 ribu kasus Covid-19. Penurunan kasus Covid-19 terjadi dalam empat bulan secara pelan-pelan, sampai dengan pertengahan Mei 2021 kaus Covid-19 turun menjadi 87 ribu kasus. Tetapi begitu ada liburan Lebaran 2021 plus adanya varian baru Covid-19, pada akhir Juni 2021, kasus Covid-19 naik melompat dua kali lipat lebih, menjadi 228 ribu. Oleh karena itu, Pemerintah memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro dan akhirnya memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat.

PPKM Darurat adalah?

Berbeda dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, PPKM Darurat adalah kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang ditetapkan Pemerintah Indonesia setelah terjadi lonjakan kasus Covid-19 pada bulan Juni 2021. Berdasarkan masukan dari berbagai pihak, Pemerintah Indonesia memutuskan memberlakukan PPKM Darurat sejak tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021. PPKM Darurat diberlakukan khusus di pulau Jawa dan Bali. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat ini meliputi pembatasan-pembatasan aktivitas masyarakat yang lebih ketat daripada yang selama ini sudah berlaku.

Dengan adanya PPKM Darurat ini, diharapkan masyarakat lebih berdisiplin mematuhi pengaturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat demi keselamatan bersama. Pemerintah mengerahkan seluruh sumber daya yang ada untuk mengatasi penyebaran Covid-19, termasuk seluruh aparat negara, TNI-Polri maupun Aparatur Sipil Negara, dokter dan tenaga kesehatan.

Selama PPKM Darurat, Pemerintah juga terus meningkatkan kapasitas rumah sakit, fasilitas isolasi terpusat, maupun ketersediaan obat-obatan, alat kesehatan, hingga tangki oksigen. Dengan demikian, hiharapkan seluruh rakyat Indonesia dapat tetap tenang, waspada, mematuhi ketentuan-ketentuan yang ada, disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, dan mendukung aparat pemerintah dan relawan dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.

Tentu saja, dengan kerja sama yang baik dari seluruh pihak dalam menerapkan PPKM Darurat, dan atas rida Tuhan Yang Maha Esa, diharapkan Indonesia dapat menekan penyebaran Covid-19 dan memulihkan kehidupan masyarakat secara cepat.

Bagi warga negara Indonesia yang berada di Jawa dan Bali, mari kita dukung upaya Pemerintah dalam menyehatkan seluruh warga negara dengan mematuhi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Stay safe, stay health.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: