Lanjut ke konten

Kontes Rahasia

Bayangkan ada suatu kontes untuk menentukan pekerja paling produktif di organisasi kita, tapi hanya kita sendiri saja yang mengetahui kontes itu. Putuskanlah pada hari ini, bahwa kita akan memperoleh reputasi sebagai pekerja tergiat di dalam organisasi kita. Tapi jangan beri tahu siapapun, karena kontes ini rahasia. Jadi apa yang akan kita lakukan?

Pertama, identifikasi seluruh rencana kerja yang akan kita lakukan dan buat daftar harian dari segala sesuatu yang kita rencanakan untuk dilakukan.

Sebagai seorang professional, sudah wajar apabila kita memiliki daftar segala sesuatu yang kita lakukan sepanjang seminggu atau sebulan. Bisa jadi kita memiliki 20 atau 30 bahkan 50 tugas yang menurut kita menjadi bagian dari deskripsi pekerjaan kita. Buatlah daftar harian dari segala sesuatu yang kita rencanakan untuk dilakukan hari itu.

Baca Juga : Menyerahkan Tanggung Jawab

Kedua, tetapkan prioritas dalam daftar tugas yang kita susun, dan mulailah mengerjakan satu aktivitas yang paling bernilai.

Jarang sekali pekerja yang mengetahui bahwa kunci meningkatkan produktivitasnya adalah dengan mengetahui 3 tugas yang sangat penting, kemudian menyelesaikan ketiga hal tersebut secara eksklusif dengan mengabaikan tugas lainnya. Cara mengetahui 3 tugas yang sangat penting ada di tulisan Satu Per Satu, Maksimal Tiga Sehari. Setelah itu, mulailah mengerjakan satu aktivitas yang paling bernilai.

Ketiga, disiplin diri memulai tugas yang sangat penting dan mengerjakan satu tugas itu sampai tuntas.

Ketika kita menyelesaikan satu tugas paling penting sampai tuntas setiap harinya, kita akan terbiasa menjalankan tugas yang memang berdampak signifikan terhadap kinerja kita dan organisasi. Semakin disiplin, semakin kita mendekati kesuksesan.

Atau ada strategi lain yang lebih efektif untuk memenangkan kontes rahasia ini, berdasarkan pengalaman Anda?

Baca Juga : Permasalahan Keuangan Di Usia 30 Tahun

Berikut ini adalah akibat yang terjadi ketika kita fokus menyelesaikan 3 tugas yang sangat penting sampai tuntas:

Mengerjakan Lebih Sedikit

Kita tidak akan pernah mampu melakukan semua hal dalam daftar tugas kita. Untuk mengendalikan kualitas hidup kita, berhentilah melakukan hal-hal yang remeh. Dengan menetapkan hanya 3 tugas yang paling penting, setidaknya kita telah mengeliminasi sekian banyak tugas lainnya yang sebenarnya hanya berdampak 10% saja terhadap kehidupan kita.

Fokus dalam Bekerja

Dengan komitmen hanya mengerjakan 3 tugas yang paling penting saja, kita menjadi lebih fokus terhadap output kita. Tidak ada tugas lainnya yang kita kerjakan sampai dengan ketiga tugas utama tersebut selesai kita kerjakan.

Semakin Produktif dan Bahagia

Semakin banyak waktu yang kita gunakan untuk mengerjakan 3 tugas yang paling penting sepanjang hari, kita akan lebih produktif dan semakin bahagia di dalam batin.

Menyelesaikan Lebih Banyak Tugas Penting

Dengan disiplin terus menerus mengerjakan tugas yang paling penting adalah investasi terbaik untuk meningkatkan kinerja. Semakin lama semakin terbiasa, dan semakin lebih banyak tugas selesai dalam waktu yang lebih singkat.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Ide Bisnis Buat Pemasukan Tambahan Di Masa Pandemi

2 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: