Lakukan Satu Per Satu, Maksimal Tiga Dalam Sehari

Pada waktu bekerja, terlebih ketika kita bekerja bersama orang lain, ingatlah bahwa kita hanya bisa mengerjakan satu hal sekali waktu. Untuk itu, satu hal tersebut haruslah hal terpenting yang bisa kita lakukan saat itu juga.

Ketika kita memilih mengerjakan suatu hal, secara bersamaan kita telah memilih untuk tidak mengerjakan hal lain yang bisa kita kerjakan pada saat itu. Bisa jadi, apa yang kita pilih untuk kita kerjakan saat itu tidak lebih bernilai dan penting dibandingkan tugas yang justru tidak kita kerjakan. Tentu saja pilihan kita untuk memprioritaskan pekerjaan menjadi penting, karena memiliki potensi konsekuensi yang jauh lebih signifikan. Hal ini menjadi salah satu pembeda capaian kesuksesan antara orang satu dengan orang lainnya.

Baca Juga: Menyerahkan Tanggung Jawab

Buat skala prioritas dari daftar pekerjaan yang telah kita susun. Pertama, pekerjaan yang wajib dikerjakan dan berdampak signifikan. Kedua, pekerjaan yang harus dikerjakan namun berdampak kecil.  Ketiga, pekerjaan yang menyenangkan namun tidak berdampak. Keempat, pekerjaan yang bisa kita delegasikan. Kelima, pekerjaan yang dapat kita hilangkan atau tidak perlu dilanjutkan karena sama sekali tidak memberikan perbedaan apapun.

Habiskanlah sebagian besar waktu kita untuk mengerjakan pekerjaan yang wajib dikerjakan dan berdampak signifikan (prioritas pertama). Jangan lakukan prioritas kedua sebelum menyelesaikan prioritas pertama. Prioritas ketiga pun baru kita lakukan setelah prioritas pertama dan prioritas kedua telah selesai. Sayangnya, sebagian besar orang justru menganggap dirinya bekerja dengan melakukan prioritas kedua dan ketiga, dibandingkan dengan prioritas pertama.

Baca Juga: Apa Passion Kamu?

Bagaimana jika daftar pekerjaan di prioritas pertama ada banyak? Dalam satu waktu yang sama, kita hanya bisa mengerjakan satu pekerjaan saja. Dalam sehari, setidaknya kita bisa menyelesaikan 1-3 pekerjaan prioritas pertama. Untuk menentukan pekerjaan mana yang perlu kita lakukan di satu hari, tanyakanlah kepada diri kita, “jika saya hanya dapat mengerjakan satu tugas saja dalam daftar pekerjaan di prioritas pertama sepanjang hari, prioritas manakah yang akan menambah nilai terbesar bagi saya dan organisasi saya?” Apapun jawaban kita atas pertanyaan itu, lingkari dan lakukan di hari itu juga. Demikian pula untuk menentukan urutan kedua dan ketiga, tanyakan hal yang serupa.

Buktikan apakah hal di atas bisa berdampak signifikan terhadap karir dan kehidupan kita. Jika dalam satu hari kita memilih satu sampai tiga prioritas dan mengerjakan sepanjang hari itu, bisa jadi kita akan mengubah karir dan kehidupan kita.

Ingat, bekerjalah di sepanjang waktu kita bekerja. Kesuksesan di tempat kerja dapat diperoleh dengan fokus kepada hasil-hasil terpenting yang menjadi tanggung jawab kita. Tentu saja, banyak tantangan yang akan kita hadapi ketika kita berupaya bekerja efektif di sekitar orang lain. Kemampuan kita menghindari gangguan dan pembuang waktu sia-sia juga menjadi penentu kualitas efektifitas dalam menuju kesuksesan di tempat kerja.

Salam sukses, have a nice day.

Baca Juga: Ide Bisnis Buat Pemasukan Tambahan di Masa Pandemi

3 tanggapan untuk “Lakukan Satu Per Satu, Maksimal Tiga Dalam Sehari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: