Menyerahkan Tanggung Jawab

Di dalam dunia kerja, sering sekali kita mendengar istilah rapat. Rapat menjadi konsumsi sehari-hari. Bisa jadi seperti minum obat, rapat minimal 3 kali sehari. Mulai dari rapat internal maupun rapat dengan pihak eksternal, untuk berkoordinasi atau mencoba memecahkan suatu permasalahan dengan mencari solusi.

Dengan rapat atau dengan diskusi, kita berharap bisa mengenali secara jelas masalah sebenarnya yang kita coba pecahkan sehingga dapat menyepakati solusi yang terbaik. Pertanyaan selanjutnya adalah, “siapa yang akan bertanggung jawab menjalankan solusi ini?”.

Hal yang menggelitik adalah ada begitu banyak rapat dengan tujuan untuk memecahkan masalah dan berakhir dengan solusi yang jelas dan disepakati bersama, tetapi dua minggu atau satu bulan kemudian masalah itu masih ada. Mengapa? Karena, tidak ada seorang pun yang diserahi tanggung jawab khusus untuk melaksanakan solusi tersebut.

Baca juga: Permasalahan Keuangan di Usia 30

Jika kita sudah memilih orang tertentu untuk bertanggung jawab atas pelaksanaan solusi itu, tetapkan pula ukuran yang bisa kita gunakan untuk menentukan kemajuan, dan memastikan bahwa solusi telah berhasil. Tenggat waktu, timeline, dan tenggat waktu toleransi tambahan, juga perlu menjadi hal yang perlu kita pertimbangkan.

Semakin penting solusi itu bagi organisasi atau bagi kita pribadi, seharusnya semakin sering kita memastikan bahwa segala sesuatunya telah dikerjakan tepat waktu dan sesuai dengan anggaran.

Masalah apa yang sedang Anda hadapi dan sudah dirapatkan berkali-kali, telah ditemukan dan disepakati solusi bersama-sama, namun dua minggu atau satu bulan kemudian masih saja membahas permasalahan yang sama secara berulang?

Ingat kata Albert Einstein? Kegilaan adalah melakukan hal yang sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil yang berbeda.

Baca Juga: Apa Passion Kamu?

4 tanggapan untuk “Menyerahkan Tanggung Jawab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: