Lanjut ke konten

Apa Passion Kamu?

Apa passion saya?

Ketika saya ditanya apa passion saya? Saya bilang bahwa passion saya adalah mengerjakan pekerjaan saya saat ini, yaitu bagaimana membuat perubahan berkesinambungan atas individu dan organisasi. Pernah, saya punya passion membuat aplikasi. Hampir setiap hari saya menghabiskan waktu ber jam-jam sampai dini hari, membuat aplikasi menggunakan Ms Access. Pada saat itu saya berfikir bagaimana caranya supaya pekerjaan saya dan organisasi menjadi lebih efektif. Jawabannya waktu itu adalah perlu ada aplikasi yang mendukung. Kemudian saya merasa penasaran bagaimana cara membuat aplikasi. Bahkan sebenarnya sekarang pun masih suka, penasaran dan tertantang membuat aplikasi. Puji syukur, sampai sekarang ini aplikasi yang saya buat waktu itu terpakai di organisasi saya dan selalu dikembangkan oleh para expert, hingga saat ini berjalan dan berkembang semakin lebih baik dengan versi web based.

Selain itu, dengan adanya tulisan saya saat ini, menulis juga menjadi passion saya. Saya masih ingat betul bagaimana saya setiap hari berkomitmen tidur jam 1 dini hari bahkan saya sering ketiduran di atas laptop, hanya untuk belajar mengeluarkan isi kepala saya ke dalam tulisan. Waktu itu menulis adalah hal yang sangat sulit sekali bagi saya. Tapi saya berambisi kuat untuk bisa menulis. Saya yakin sekali kalau saya bisa menulis. Meskipun tidak ada orang yang tahu kalau saya harus berusaha sekeras itu untuk bisa menulis. Meskipun tidak pernah menjadi juara satu dalam sebuah kompetisi menulis, dua buah laptop di rumah saya menjadi saksi bisu (hadiah kompetisi menulis) atas passion saya ini. Minimal bisa saya menceritakan kepada anak keturunan saya kelak saat mereka tumbuh besar.

Waktu itu saya tidak perduli dengan kualitas tulisan saya. Yang penting saya menuliskan sesuatu. Titik. Saya berfikir saat itu, nanti setelah 5 tahun setelah saya menuliskan sesuatu, saya berdoa diberi kesempatan untuk membaca lagi tulisan saya, sehingga saya bisa melihat bagaimana perubahan kemampuan menulis saya. Meskipun sampai sekarang belum terlihat perubahan yang signifikan dalam kualitas tulisan, tetapi minimal saya merasa lebih mudah menuliskan apa yang saya pikirkan.

Lalu, bagaimana cara mengetahui passion kita?

1. Kita suka, nyaman dan tidak terbebani

Ketika kita melakukan sesuatu, entah sesuatu tersebut adalah memang kerjaan kita atau bukan, dan ketika kita melakukan sesuatu tersebut kita menyukainya dan merasa tidak ada beban sama sekali. Kita merasa nyaman melakukannya. Bisa jadi hal tersebut adalah passion kita.

2. Mengekspresikan diri

Apa yang kita lakukan adalah cara kita mengekspresikan diri. Bahkan ketika banyak orang yang menentang atau dislike dengan apa yang kita lakukan. Tetapi ketika kita melakukan hal tersebut, kita merasa inilah cara saya mengekspresikan diri! Bisa jadi hal itu adalah passion kita.

3. Kemampuan yang kita kuasai

Passion kita bisa jadi adalah keahlian/ kemampuan yang kita kuasai saat ini. Apa kemampuan terbesar yang kita miliki? Sertifikasi apa yang kita punya? Minimal, ketika ada orang lain yang membutuhkan sesuatu, maka secara otomatis mereka akan mencari kita karena keahlian kita. Tapi jangan lupa ya, keahlian harus selalu diasah, supaya tidak luntur atau usang.

4. Membuat kita penasaran

Ketika kita merasa penasaran dengan sesuatu hal, kita selalu mencari tahu tentang hal tersebut, kita menghabiskan lebih banyak waktu tanpa lelah untuk melakukan hal tersebut. Rasa penasaran ini bisa saja hal lama yang selama ini selalu kita cari tahu atau hal yang baru kita ketahui tapi kita merasa selalu ingin tahu lebih banyak, dalam dan detail. Bisa jadi hal yang membuat kita penasaran ini adalah passion kita.

5. Melakukan sesuatu untuk kebahagiaan diri sendiri tanpa orang lain mengetahui

Tidak semua kegiatan yang kita lakukan selalu terlihat oleh orang lain. Bisa jadi ada sesuatu aktivitas yang selalu kita lakukan tapi tidak diketahui banyak orang. Misalnya kita suka menulis, tapi tulisan kita tidak pernah kita beritahu kepada siapapun dan hanya untuk konsumsi diri kita sendiri. Kita merasa bahagia dan bangga ketika kita menulis. Bisa jadi itu adalah passion kita.

Kalau kamu belum tahu passion kamu, no worry. Banyak kok orang yang tidak tahu apa passion mereka, dan mereka merasakan hidup mereka hampa. Mereka cenderung merasa bahwa rutinitas yang mereka lakukan sehari-hari adalah beban hidup dan mereka sebenarnya tidak suka dengan apa yang mereka lakukan.

So, mulailah cari tahu apa passion kamu, dan rasakan hidup kamu menjadi lebih berarti.

5 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: