Susi Pudjiastuti – Menteri Kelautan dan Perikanan Era Presiden Jokowi – Cara Mengembangkan Diri

Terdapat sesuatu yang sangat sulit dideskripsikan antara tingkat pendidikan Ibu Susi Pudjiastuti dengan cara Beliau bekerja, cara Beliau berfikir dan cara Beliau berbicara.

Belajar tidak harus dari bangku sekolah.

Sebagaian besar orang berfikir bahwa lulusan SMP bisa hebat, memang sangat sulit dicerna oleh akal sehat. Setelah keluar dari kelas 2 SMAN 1 Yogyakarta (Not Graduated) Ibu Susi Pudjiastuti belajar banyak dari hidup, pekerjaan, wejangan dan true story dari orang-orang yang ditemui untuk di ‘copy’ kebaikannya atau kelebihannya, traveling around the world (pergi kemana-mana) melihat hal-hal yang baik, traveling ke seluruh pelosok Indonesia ke kampung-kampung yang nothing is there. Semua experience mem-blended Beliau menjadi sebuah sosok Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan Era Presiden Jokowi. Pikiran dan perasaan Beliau adalah blended from life experience yang tidak diperoleh dari bangku sekolah.

Tidak Setuju Orang Tidak Sekolah

Belajar tidak harus dari bangku sekolah. Namun Ibu Susi Pudjiastuti tidak sependapat bahwa orang tidak perlu bersekolah. Orang harus tetap mencari pendidikan formal yang lebih baik karena oportunity seseorang dengan pendidikan SMP menjadi seorang Menteri (sukses) tidak mungkin dipunyai oleh semua orang.

Sosok Pemimpin

Ibu Susi Pudjiastuti sangat kuat pada sosial, ekspresi, dan sangat kuat mempelajari emosi. Beliau memelihara emosi yang disukai, mengganti emosi yang tidak disukai menjadi emosi yang disukai, dan memberikan emosi positif (yang disukai) terhadap hal yang tidak ada emosi. Hal ini membuat Beliau kuat menjadi sosok seorang pemimpin. Dengan mempelajari orang lain, Beliau bisa leading others dengan bahasa, empati dan mendengar orang lain. Hal ini dikarenakan Beliau mengerti emosional seseorang.

Berikut adalah daftar penghargaan yang minimal telah Beliau sandang (sumber: http://kkp.go.id/profil-menteri-kelautan-dan-perikanan/ –yang diakses tanggal 28 September 2017 pukul 17:23 WIB–) :

  1. Peter Benchley Ocean Awards 2017 Excellence in National Stewardship
  2. Seafood Champion Award for Leadership, 2017
  3. Doctor Honoris Causa; by Diponegoro University, 2016.
  4. Leaders for Living Planet Award; by World Wide Fund (WWF), 2016.
  5. Public Figures Inspirational of The Year (Tokoh Publik Inspirasional Tahun Ini), Public Relations Award and Summit; by Serikat Perusahaan Pers, 2016.
  6. November 10 Award (Penghargaan 10 Nopember); by Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS Surabaya), 2015.
  7. West Jawa Women Award (Penghargaan Perempuan Jawa Barat); by Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat, 2015.
  8. The First Women Who Held Minister Marine Affairs and Fisheries; by Museum Rekor Indonesia (MURI), 2015.
  9. Person of the Year 2014; by Warga Kota Solo, 2015.
  10. People of The Year 2013; by MNC Group Newspaper (Koran Sindo), 2014
  11. APEC Award. Award For Innovative Achievements, Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy at Women and Economy Summit (WES), USA; by APEC, 2011.
  12. Ganesha Widya Jasa Aditama Award; by ITB, 2011.
  13. The Indonesian Small & Medium Business Entrepreneur Award; by Ministry of Cooperative & SMEs, 2010.
  14. Sofyan Ilyas Award, by Ministry of Marine Affair and Fisheries, 2009.
  15. The Best Indonesia Berprestasi Award; by PT. Excelcomindo Pratama, 2009.
  16. West Java Best Trader (Saudagar Tatar Sunda), by West Java Trade and Commerce (KADIN), 2008.
  17. Inspiring Woman for Development Motivator (Tokoh Wanita Inspiratif Penggerak Pembangunan), by Governor of West Java, 2008.
  18. Metro Eagle Award, Award for Economics, by Metro TV, 2006.
  19. Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise; by President of RI, 2005.
  20. EY Awards, Young Entrepreneur of the Year; by Ernst and Young Indonesia, 2005.
  21. Award for Pioneer Fishery Export (Pelopor Ekspor Ikan Laut); by Governor of West Java, 2005.
  22. Award for Tourism Pioneer (Pelopor Wisata); by West Java Department of Culture & Tourism, 2004.
  23. Purwa Citra Priangan Award for Fishermen Life Motivator (Peningkatan Kehidupan Nelayan); by Pikiran Rakyat, 2004.

Deretan award yang diperoleh Beliau merupakan sebuah pengakuan eksternal terhadap apa yang telah dilakukan selama ini dan interprestasi dirinya dari pandangan orang lain.

Dari lingkungan, seseorang memperoleh informasi yang jauh lebih banyak dari sekedar apa yang bisa tersimpan di otak. Lebih baik kita memperkuat dan bergaul dengan diri sendiri dan lingkungan supaya kita menjadi Pemimpin yang ramah tamah. Bersahabatlah dengan keyakinan diri kita sendiri.

Untuk beradaptasi dengan kondisi saat ini, diperlukan pendidikan formal untuk memperluas potensi diri dan kesempatan sukses. Namun pengalaman hidup pun merupakan pendidikan yang sangat penting, dimana hal inilah yang membentuk pribadi seorang Ibu Susi Pudjiastuti.

Bagaimana Cara Mengembangkan Diri?

Untuk menjadi calon pemimpin yang lebih baik dan mengerti diri sendiri, seseorang bisa berguru kepada orang lain. Kita bisa meminta orang lain (yang kita anggap lebih baik) untuk mengajari apapun yang ingin kita peroleh.

Keyakinan dan kebiasaan bisa diubah. Keyakinan dan kebiasaan orang lain berbeda dengan keyakinan dan kebiasaan kita. Keyakinan dan kebiasaan orang lain bisa lebih bagus daripada keyakinan dan kebiasaan kita. Kita bisa mempunyai keyakinan baru. Ubahlah keyakinan kita dengan mengakui perubahan yang bisa mempengaruhi kita. Di tengah tahun yang VUCA (singkatan dari Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity) kita perlu menjadi orang yang agile. Kita harus menjadi orang yang mengerti terhadap diri sendiri dengan mengembangkan hal-hal yang positif.

Oleh: Khoirul Mampe

Lihat ini Juga:

Alternatif # Cara Berubah Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

2 tanggapan untuk “Susi Pudjiastuti – Menteri Kelautan dan Perikanan Era Presiden Jokowi – Cara Mengembangkan Diri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: