Ternyata Cuma Mimpi

DSCN2193.JPG
Lokasi : Labuan Bajo

Bermimpi adalah hak setiap orang. Bahkan hal tersebut bisa dilakukannya setiap hari. Banyak cerita ceria dan sukses yang berawal dari mimpi seseorang.

Semua Orang Bermimpi

Banyak orang tua yang menanyakan cita-cita anak yang masih kecil. Setiap anak langsung secara mudah melontarkan jawaban sesuai profesi/kondisi masa depan yang hendak diraihnya. Namun masing-masing anak tersebut banyak yang menjawab berbeda. Memang, hal ini salah satunya dipengaruhi oleh banyaknya kosakata dan keterbatasan informasi yang masuk ke dalam memori ingatannya.

Banyak dari anak kecil yang bercita-cita menjadi Dokter. Hal ini dikarenakan ada gambaran seorang dokter yang masuk ke dalam ingatannya, baik dari faktor internal maupun eksternal. Bahkan mereka menjawab secara cepat dan spontan.

Berbeda halnya dengan anak kecil,  ketika orang yang sudah dewasa ditanya mengenai apa cita-citanya (mimpinya). Mereka mulai berfikir lebih lama dan seringnya mimpinya sangat jauh berbeda dengan mimpinya ketika mereka masih kecil. Hal ini dikarenakan terlalu banyak hal-hal yang mempengaruhi pemikirannya dan bercermin dari keterbatasan kemampuan yang dimiliki saat itu.

Mimpi adalah sumber motivasi dan harapan

Melalui mimpi, seseorang akan berusaha untuk melangkahkan kakinya untuk meraih mimpinya. Dengan mimpi, seseorang akan berdoa supaya kelak mereka dapat mencapai mimpinya tersebut. Mimpi memaksa seseorang melakukan aktivitas lebih supaya mimpinya lebih cepat terwujud. Mereka dengan susah payah merelakan waktu, tenaga dan dananya demi menggapai mimpinya. Dengan demikian, mimpi dapat memberikan dorongan yang kuat bagi seseorang untuk melakukan hal lebih dari orang lain pada umumnya. Mimpi adalah sumber motivasi.

Berdasarkan dorongan yang kuat untuk melakukan hal lebih, mimpi juga membuat seseorang berangan-angan kapan dan bagaimana mimpi tersebut bisa menjadi kenyataan. Setelah merencanakan, melaksanakan dan evaluasi terhadap langkah-langkah untuk menuju mimpinya, orang akan cenderung berdoa supaya mereka dapat mengenyam mimpinya sesegera mungkin. Dengan begitu, mimpi merupakan harapan.

Mimpi Harus Spesifik dan Masuk Akal

Berdasarkan mimpi, seseorang akan menyusun langkah-langkah bagaimana cara mencapai mimpinya tersebut. Apabila tidak didukung denganlangkah-langkah yang tepat, maka kemungkinan mimpi tidak bisa menjadi kenyataan. Mimpi tetaplah menjadi mimpi.

Orang yang sukses cenderung menetapkan mimpi dengan target yang spesifik. Mereka tidak membiarkan mimpinya hanya sebatas mimpi saja. Kebanyakan orang memiliki target yang terlalu umum dan tidak masuk akal. Sebagai contohnya, orang yang bermimpi ingin kaya raya. Hampir semua orang ingin mempunyai banyak uang. Apa yang ada didalam otaknya adalah kekayaan, kekayaan dan kekayaan, tanpa pernah berfikir keras untuk mencari jalan untuk meraihnya. Indikator kaya disinipun tidak terlihat, sehingga pada akhirnya mimpi tersebut hanya memunculkan hayalan-hayalan semu.

Mimpi harus lebih spesifik. Sebagai contoh, ‘saya ingin punya investasi senilai 1 milyar, sehingga bisa hidup hanya dari hasil investasi tersebut’. Dengan target yang spesifik, orang akan lebih mudah melihat tujuan yang didambakannya.

Tidak Semua Mimpi Tercapai

Dengan strategi yang tepat, orang akan dengan mudah bisa mencapai target yang telah ditentukan. Namun tentu saja tidak semua mimpi bisa langsung mendapatkan jalan untuk membangun mimpi yang spesifik dan masuk akal. Namun jangan hawatir dengan hal tersebut, karena dengan mempelajari cara-cara orang yang sudah sukses terlebih dahulu dan atau terus membaca biografi dan autobiografi orang sukses sebanyak mungkin, bisa membuka cakrawala dan wawasan untuk menggapai mimpi.

Seseorang yang berusaha meraih mimpinya, terkadang memperoleh hambatan, rintangan dan masalah baru yang tidak familiar di mata mereka, sehingga memicu kesalahan dalam menyikapi dan menyelesaikannya. Disinilah pentingnya seorang mentor yang bisa memberikan saran terbaik bagi peraih mimpi dalam mengakali setiap problem. Orang yang sukses tidak ragu untuk mengeluarkan uang lebih demi mendapatkan saran terbaik dari para ahli. Namun bagi orang yang dananya tipis, bisa memperoleh informasi (saran) dengan membangun relasi yang kuat.

Kunci Utama Meraih Mimpi

Memang banyak sekali faktor, baik faktor internal dan eksternal seseorang dalam meraih mimpinya. Namun dari sekian banyaknya orang yang telah sukses meraih mimpinya, mereka mempunyai satu kesamaan karakter, yaitu ‘mereka sangat percaya diri bahwa mereka akan sukses’. Selain itu, perbedaan yang nyata antara orang sukses dan orang biasa pada umumnya dalam mencapai mimpinya adalah, mereka lebih cenderung berfikir 10 tahun ke depan, bukan berfikir 10 menit kedepan.

Yuk, bermimpi yang spesifik dan yakin bahwa mimpi tersebut akan tercapai.

Oleh: Khoirul Mampe

2 tanggapan untuk “Ternyata Cuma Mimpi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: